Artikel PENGARUH KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN KREDIT BERMASALAH TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL, Tbk


JUDUL

PENGARUH KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN KREDIT BERMASALAH TERHADAP PROFITABILITAS PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL, Tbk

 

Nama                          : Gabriela Mike Ineke Eman

NIM                            : 090812003

Jurusan                      : Ilmu Administrasi

Program Studi           : Administrasi Bisnis

 

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SAM RATULANGI

MANADO 2013

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dan hubungan Kualitas Aktiva Produktif dan Kredit Bermasalah terhadap Profitabilitas PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk selama periode Triwulan Tahun 2010-2012.

Aktiva Produktif pada umumnya merupakan pos-pos yang paling produktif pada neraca peniliainnya dengan menggunakan Rasio KAP. Kredit Bermasalah merupakan jumlah kredit yang tidak tertagih dalam penggolongannya dikategorikan kredit yang Kurang Lancar, Diragukan dan Macet, penilaianya dengan menggunakan Rasio Non Performing Loans (NPL). Kedua variabel tersebut merupakan indikator utama PT. BTPN, Tbk dalam memperoleh Laba. Profitabilitas dapat diukur dengan menggunakan Rasio Return on Asset (ROA). Dalam penilaianya KAP dan NPL yang semakin rendah menunjukan kinerja keuangan perusahaan yang semakin baik dan berpengaruh terhadap Peningkatan ROA, semakin tinggi nilai Rasio ROA semakin Profitable perusahaan tersebut.

Hasil analisa data menunjukan nilai KAP dan NPL PT. BTPN, Tbk mampu ditekan cukup rendah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI), KAP dan NPL PT. BTPN, Tbk yang mampu ditekan berakibat pada meingkatnya Laba perusahaan. Hasil Uji Statistik Regresi Berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS ver-16 dengan tingkat signifikansi (ɑ 0,05). Secara Simultan Kualitas Aktiva Produktif dan Kredit Bermasalah (NPL) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROA), dimana 90,5% Profitabilitas dipengaruhi oleh variabel yang diteliti dan sisanya 9,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteleti. Hasil uji Regresi Parsial menunjukan NPL berpengaruh sebesar 1,46% terhadap ROA sedangkan KAP sangat kuat yaitu sebesar 89,04% terhadap ROA.

Jika variabel KAP dan NPL bernilan 0% (nol) maka variable ROA bernilai 6%, setiap penurunan 1% variabel NPL akan meningkatkan ROA sebesar 0,62% dan setiap penurunan 1% variabel KAP akan meningkatkan ROA sebesar 1,235%. Secara keseluruhan dari hasil analisa data pada penelitian ini PT. BTPN, Tbk menunjukan kinerja keuangan yang positif dan Profitable.

Kata Kunci : Kualitas Aktiva Produktif, Non Performing Loans, Return on Asset

Klik link dibawah ini untuk men-download Jurnal ini

Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif dan Kredit Bermasalah terhadap Profitabilitas PT. BTPN, Tbk Oleh Gabriela M.I Eman (090812003)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s